Senin, 14 November 2011

Akuntansi Perusahaan Dagang

Akuntansi Perusahaan Dagang (APD)
adalah perusahaan yang kegiatannya menjual barang dagangan tanpa adanya proses produksi.

Proses produksi adalah pengolahan barang mentah menjadi barang jadi.

Kegiatan yang ada di perusahaan dagang :
  1. Pembelian
  2. Penjualan
  3. Pengeluaran Kas
  4. Penerimaan Kas
Syarat-syarat jual beli :
  • Loko Gudang : Pada syarat jual beli ini, pembeli harus menganggung biaya pengiriman barang dari gudang penjual ke gudang pembeli.
  • Franco Gudang : Kebalikannya syarat jual beli loko gudang, pada syarat jual beli ini, penjual menanggung biaya pengiriman barang sampai ke gudang pembeli.
  • Free on board : adalah syarat jual beli yang membebankan biaya pengiriman barang kepada pembeli dari luar negeri. Biaya pengiriman barangnya meliputi biaya dari pelabuhan muat penjual sampai ke pelabuhan penerima yang digunakan oleh si pembeli. Penjual di dalam negeri, dalam hal ini Indonesia, hanya menanggung biaya pengangkutan sampai ke pelabuhan muatnya saja.
  • Cost, Freight, and Insurance : dalah syarat jual beli dimana penjual harus menanggung biaya pengiriman barang dan asuransi kerugian atas barang yang dikirim.
Dua Jenis Potongan :
  1. Potongan Tunai : diberikan kepada pembeli karena melakukan pembelian secara tunai. Potongan tunai ini lazimnya dikaitkan dengan ketentuan pembayaran seperti misalnya 2/10,n/30. Artinya, perusahaan yang membayar dalam jangka waktu tertentu, 10 hari dalam contoh ini, dianggap membayar secara tunai sehingga diberi potongan tunai ini.
  2. Potongan dagang (trade discount); diberikan kepada pelanggan karena membeli banyak BD. Potongan dagang ini langsung dikurangkan dari harga sehingga tidak perlu akun tersendiri di akuntansinya.Potongan dagang ini diberikan jika pelanggan membeli dalam kuantitas yang banyak. Lazimnya dipotongkan dari daftar harga (price list) BD. Akuntansi mencatat harga sesungguhnya yang disepakati oleh pembeli dan penjual. Oleh karenanya, potongan dagang ini bukan sebagai pengurang harga beli BD. Dengan kata lain, harga beli BD yang dicatat akuntansi adalah harga setelah dikurangi potongan dagang.
Buku harian khusus yang ada dalam perusahaan dagang :
  1. Buku Harian Penjualan : digunakan untuk mencatat penjualan secara kredit
  2. Buku Harian Pembelian : digunakan untuk mencatat pembelian secara kredit.
  3. Buku Harian Penerimaan Kas : digunakan untuk mencatat penjualan tunai dan penerimaan tagihan.
  4. Buku Pengeluaran Kas :  digunakan untuk mencatat pembelian tunai dan pembayarn hutang

1 komentar:

  1. terimah kasih pak atas materi yang telah bapak sediakan ini, ini sungguh luar biasa karena akan membantu para mahasiswa yg kesulitan mencari materi.

    BalasHapus